Recent Posts

Posts RSS

DAMPAK HANDOHONE BAGI REMAJA


      Kemajuan teknologi benar-benar sudah melekat pada masyarakat. Berbagai kejadian dibelahan dunia kini dapat langsung diketahui dengan sebuah perangkat kecil bernama handphone. Tentunya sebuah handphone untuk dapat mengakses informasi-informasi dbelahan dunia harus mempunyai fitur-fitur yang mendukung.
Kemajuan ini tentu benar-benar berdampak besar bagi umat manusia. Kemajuan teknologi yang canggih memberikan dampak-dampak besar terhadap nilai-nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Khusus Negara Indonesia yang mayoritas beragama islam benar-benar merasakan dampaknya. Dapat kita saksikan sendiri, perlahan-lahan remaja yang terpengaruh teknologi terlihat lalai dalam mengerjakan kewajiban-kewajiban dan melangar norma dan nilai agama islam. Kemajuan teknologi seperti Televisi, Handphone dan internet telah dapat dinikmati oleh masyarakat pelosok. Akibatnya informasi yang bernilai positif dan negative dapat dinikmati dengan mudah. Tetapi tayangan-tayangan yang tidak sesuai dengan umur, dizakini sebagai pengubah pola hidup dan pikiran masyarakat. Hal itu tentu mengundang keperhatinan kita sebagai umat muslim.
Perkembangan teknologi benar-benar membuat khawatir umat muslim dengan generasi mudah islam yang akan dating. Dampak perkembangan teknologi nyata-nyata telah kita rasakan dan saksikan sendiri. Siswa dizaman sekarang menjadikan handphone sebagai alat bawaan wajib selain buku pelajaran dan alat-alat tulis. Entah mereka membawa handphone untuk sarana komunikasi yang atau tidak,tapi yang jelas mereka menjadikan handphone sebagai sarana gaul yang mutlak dimiliki. Semakin mahal handhone, semakin percaya dirilah mereka.
Peranan sebai orang tua,alangkah baiknya ketika memberikam handphone kepada anaknya harus mempertimbangkan dampak yang akan dihasilkan. Memberikan sebuah handphone kepada anak bukan merupakan hal yang salah,karena dengan hanphone orang tua dapat memantau anaknya ketika berada dilokasi yang berbeda. Tetapi hal tersebut bisa menjadi sebuah boomerang ketika sebuah handphone disalah gunakan untuk menyimpan foto dan video perno yang kian marak dihandphone pelajar. Tak sampai disitu,palah terkadang remaja memanfaatkan handphone untuk memperlancar komunikasi dengan lawan jenis untuk hal-hal yang menjerumuskan remaja kepergaulan bebas.
Sebagai orang tua, seharusnya dapat mengerti tentang masa remaja. Ketika orang tua memberikan barang yang dapat memberikan dampak negative buat anaknya,orang tua juga harus memberikan bekal agama untuk mengantisipasi dampaknya. Masa remaja adalah masa yamg rawan,apabila remaja telah mendapatkan pembekalan agama yang cukup orang tua tak usah perlu khawatir dengan anaknya. Karena remaja sudah dapat membedaskan mana yang baik buat dirinya dan mana yang tidak baik.
Sayogyanya orang tua juga harus memberikan pendidikan yang tidak hanya menekankan nilai nasionalis,tetapi juga harus memberikan pendidikan yang menyangkut akherat agar anak terhindar dari siksa akherat.
Bicara tentang pendidikan remaja,pendidikan yang dirasa sangat mendukung untuk remaja adalah sekolah yang banyak memberikan ilmu akherat,yakni Madrasah Aliyah (MA). Karena Madrsyah Aliyah telah diketahui oleh masyarakat indonesia selain mangajarkan nilai nasionalis tetapi juga mengajarkan nilai dan norma agama islam yang dijunjung tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar